Laman

Monday, January 19, 2015

Meletusnya Gunung Pelangi

Minggu pagi kemarin kami sekeluarga telah membuat special project yang sangat super keren sekali. Sejak bangun tidur Sinnai sudah bersemangat untuk membantu Ayah-Bundanya menyiapkan proyek ini agar terlaksana dengan lancar.

"Horee, asiiik..." teriak Sinnai, ketika kami memberitahu proyek yang akan dibuat, ya sebuah simulasi Gunung Pelangi Beraksi yang dibuat dari playdough (yang waktu itu dibuat untuk mereplika bentuk serangga), dan konon katanya gunung ini nantinya akan mengeluarkan lava yang suangattt panas, ceritanya sih begitu... Hehehe...

Tampak dari kejauhan Sinnai sudah tidak sabar dan sangat penasaran bagaimana itu bisa terjadi, itu terlihat dari gestur juga antusiasme semangatnya yang mensupport saya dan Ayahnya untuk segera mengekseskusi proyek ini. Terus terang, kami selama ini hanya sekedar membaca dan melihat pada berbagai film, tentang bagaimana proses membuat dan cara kerja simulasi gunung meletus ini, jadi belum pernah mengalami bagaimana proses yang sebenarnya... dan kami pikir pengalaman membuat percobaan seperti ini memang perlu dialami oleh Sinnai dan setiap anak-anak usia sekolah dasar.

Ini dia proyek hari Minggu, Gunung Pelangi yang Meletush

Sambil Ayah membuat Gunung Pelangi yang keren banget :P dari playdough, tidak lupa juga membuat bolongan ditengah-tengah gunung untuk menyimpan kaleng tempat keluarnya lava, Sinnai membatu saya menyiapkan bahan-bahan, sesekali mengajak main adik Salma supaya saya bisa dengan lancar menyiapkan proyek ini.

Bahan-bahan pembuat lava

Nah ini sedikit petunjuk cara membuatnya:
Buatlah gunung dari playdough, atau lempung, atau bisa juga dari bubur kertas. Lalu beri nama gunung itu, biar keren gitu... Kalo kami namanya Gunung Pelangi, karena bahan-bahan pembuatnya berwarna-warni :D... Kemudian buat lubang pada bagian tengah dan masukan toples atau kaleng (kami menggunakan kaleng bekas sarden) sebagai tempat menaruh bahan 'lava'. Biar makin ciamik, silakan hias sekitar gunungnya :)

Gunung Pelangi ala Ayah

Selanjutnya, untuk membuat lava, ini resepnya:
  1. Soda kue, 2 sendok teh,
  2. Cuka, 60ml,
  3. Deterjen, 30gr,
  4. Pewarna makanan (merah, biar terlihat mirip lava, kalo hijau nanti kaya adonan bolu kukus rasa pandan :P)
Alat penunjuang lainnya yang perlu disiapkan seperti gelas untuk meracik cairan lava, juga nampan untuk menyimpan Gunung Pelangi tersebut, agar ketika meletus, lavanya nggak tumpah kemana-mana

Jika sudah siap, markimul... alias MaRi KIta MULai:
Pertama, tuangkan bubuk soda kue kedalam toples/ kaleng pada gunung, sementara itu pada gelas, kita meracik larutan lava (cuka + deterjen + pewarna).

Proses memasukkan soda kue kedalam Gunung Pelang

Laluuuu, jika sudah siap... silakan pasang kode siaga 1 untuk menandakan gunung akan meletusss!... Untuk membuat letusannya, silakan tuangkan larutan lava dalam gelas tadi kedalam gunung yang berisi soda kue tadi.... Tadaaaaa keluar deh lava merahnya :)

Lava keluar dari Gunung Pelangi!


Gimana, seru kan? So pasti lebih seru Gunung Pelangi kami, hehehe... Alhamdulillah, semoga Sinnai senang dan berbahagia bisa belajar tentang simulasi proses meletusnya gunung berapi. Salam buat semua yang mencoba!

Seru 'kan! Yuk kamu cobain!

No comments:

Post a Comment